Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam, terungkap bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi, sulit untuk memilih tema dan menemukan kata - kata yang cocok dengan tema yang dipilih. Pembelajaran menulis puisi yang sudah dilaksanakan selama ini belum terselenggara secara optimal. Hal ini mendorong penulis untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian adalah agar siswa dapat menulis puisi dengan baik dan benar, penulis dapat membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran dan memberikan penilaian bagi siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh dari gambaran ekspresi siswa dalam kegiatan pembelajaran mencakup tahap-tahap pembelajaran mulai dari awal sampai akhir pembelajaran, dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang signifikan. Hasil yang diperoleh semua siswa pada siklus I pada tahap prapenulisan 69%, tahap penulisan 63%, tahap pascapenulisan 63%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase yang diperoleh semua siswa pada tahap prapenulisan 90%, tahap penulisan 92%, dan tahap pascapenulisan 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam.
Copyrights © 2022