Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 61 siswa di SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Test Post-Test control group design. Instrument penelitian menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi Normal dan Varians nya Homogen. Rata-rata nilai Pre-Test kelas Eksperimen adalah 45,6 dan kelas Kontrol adalah 41,419. Rata-rata nilai Post-Test kelas Eksperimen adalah 69,6 dan kelas Kontrol adalah 54,194. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes diperoleh data thitung = 5,225 > ttabel = 1,670. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2022/2024.
Copyrights © 2024