Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): August 2024

Implementasi Lumio untuk Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah

Nuraziza Rahmah (Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai)
Nurjannah Nurjannah (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Fitriani Fitriani (Universitas Islam Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian  yang dilaksanakan di MA Negeri 1 Sinjai bertujuan untuk menginformasikan kepada guru terkait media pembelajaran lumio dan membantu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan terkait pembuatan media pembelajaran lumio. Pelaksanaan dimulai dari perkenalan lumio beserta fitur-fiturnya dilanjut dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran lumio. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pengabdian ini, guru MA Negeri 1 Sinjai sudah mampu membuat slide yang diselingi dengan kuis dan mampu mengimplementasikan dengan membagikan id class  yang telah dibuat sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Lumio  merupakan media pembelajaran interaktif berbasis slide dan kuis yang dapat melibatkan atau berkolabotasi dengan siswa secara langsung melalui handphone atau laptop masing-masing siswa. Olehnya itu, penting bagi seorang guru untuk mempelajari dan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi agar dapat menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mosaic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...