AbstrakPengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri bagi UMKM di Desa Branjang, Kabupaten Semarang di tengah persaingan Industri yang sangat ketat dan perubahan lingkungan yang pesat. Kegiatan ini diinisiasi dengan adanya permasalahan berkaitan dengan keterampilan yang masih terbatas yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pelatihan sehingga kualitas produk olahan pisang yang dihasilkan masih belum memenuhi standar. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat dengan beberapa tahapan yaitu tahapan koordinasi pelaksanaan kegiatan dengan mitra, tahapan penyusunan rencana kerja, tahapan sosialisasi dan pelatihan, tahapan pendampingan dan tahapan monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline di Balai Desa Branjang, Kabupaten Semarang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta dapat menghasilkan inovasi baru dari bahan baku pisang dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mitra dalam mengolah pisang sehingga produk yang dipasarkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Kata kunci: daya saing industri; rencana kerja; kualitas produk. Abstract This community service aims to enhance the industrial competitiveness of MSMEs in Branjang Village, Semarang Regency, amidst very tight industrial competition and rapid environmental changes. This activity was initiated due to problems related to limited skills caused by a lack of knowledge and training, resulting in the quality of banana processed products that do not yet meet standards. The method used in this community service involves providing training to the community through several stages: coordination of activity implementation with partners, preparation of work plans, socialization and training, mentoring, and monitoring and evaluation stages. This activity is conducted offline at the Branjang Village Hall, Semarang Regency. The result of this community service is that participants can produce new innovations from banana raw materials and are expected to improve the partners' ability to process bananas so that the marketed products can be well received by consumers. Keywords: industrial competitiveness; work plan; product quality.
Copyrights © 2024