Jurnal Ekonomi Trisakti
Vol. 4 No. 2 (2024): Oktober

PENGARUH STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP BRAND SMARTPHONE DENGAN EWOM SEBAGAI MEDIASI DAN MODERATOR

Rahman, Aulia (Unknown)
Kristaung, Robert (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari pengadaan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh relationship marketing dan brand resonance dengan ewom sebagai mediasi dan moderator. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data survey dan metode cross sectional. Teknik yang dipergunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling,  sedangkan  populasinya adalah seluruh masyarakat Indonesia yang telah  menggunakan smartphone selama 3 bulan. Penelitian  ini melibatkan 153 responden yang menggunakan smartphone selama tiga bulan, di mana pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner. Kuesioner tersebut disebar secara digital melalui google form kepada responden secara acak, selanjutnya  diseleksi dengan menyesuaikan kriteria yang sudah ditentukan. Penelitian ini menerapkan metode analisis data yang berupa Structural Equation Model (SEM) sebagai alat analisis. Dalam melakukan analisis data, kegiatan ini dijalankan dengan dibantu perangkat lunak SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan analisis penelitian ini, kesimpulan yang berhasil dicapai di antaranya yaitu: (1) relationship marketing berpengaruh positif terhadap brand resonance (2) relationship marketing berpengaruh positif terhadap e-wom (3) e-wom berpengaruh positif terhadap brand resonance(4) Relationship Marketing berpengaruh positif terhadap Brand Resonance dengan e-wom sebagai mediasi. (5) Relationship Marketing berpengaruh positif terhadap Brand Resonance dengan e-wom sebagai moderator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trisakti (JET) has been published by Lembaga Penerbit Fakultas EKonomi dan Bisnis (LPFEB). JET is a journal for publication of undergraduate (S1) and Applied (D4) students, students of the Faculty of Economics and Business (FEB) as well as students outside of FEB and General Affairs. ...