SRODJA
Vol 1 No 2 (2024): Juli

Implementasi Manajemen Pelayanan Prima Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Pakusari

Aprilyani, Intan (Unknown)
Fitriani, Laili (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar operasional prosedur (SOP) pelayanan prima. Selain itu, untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan prima di SMAN Pakusari. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha dan Pegawai Tata Usaha. Hasil Penelitian yaitu: (1) pihak sekolah menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan sebagai rujukan dan meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan; (2) dalam pelaksanaan memberikan pelayanan yang religius dan kekeluargaan kepada guru, siswa dan para stakeholder yang ada di internal sekolah. Pihak sekolah juga memberikan reward and punishment kepada pegawai untuk menciptakan iklim organisasi yang bergairah. Para pegawai memberikan sikap sepenuh hati dan loyalitas yang tinggi dalam melayani pelanggan; (3) faktor pendukung pelayanan prima di sekolah yaitu terpenuhinya kelengkapan sarana dan prasarana, memiliki pegawai tata usaha yang cukup dan faktor penghambat pelayanan prima di sekolah ini yaitu kurangnya pelatihan atau pendidikan karir terhadap pegawai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

srodja

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SRODJA (Sroedji Journal Administration) published by Universitas Moch. Sroedji with E-ISSN number : 3046-5303 provides a forum for researchers to publish their research & innovative ideas in the field of Public Administration which is currently continuing to develop. This dynamic growth offers many ...