Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 13 No. 2 (2024): Artikel Penelitian

Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas di PT Jati Jaya Lestari

Selly Noverina (Universitas Prima Indonesia)
Ferderich Apriadi Alexander (Universitas Prima Indonesia)
Mohd. Nawi Purba (Universitas Prima Indonesia)
Ara Auza (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan untuk meningkatkan penjualan karena loyalitas pelanggan sangat penting bagi mereka. Pengaruh penanganan keluhan, komunikasi pemasaran, dan kepercayaan pelanggan di PT Jati Jaya Lestari adalah tujuan penelitiannya. Metode deskriptif kuantitatif yang dipakai. Sampel dikumpulkan secara acak. Total sampel yang dipakai dihitung memakai rumus Cochran; totalnya 96 sampel. Data didapatkan menggunakan kuesioner yang diberikan untuk peserta. Untuk menganalisis data, penelitian ini menerapkan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji F dan T. Hasilnya menggambarkan bahwa, variabel penanganan keluhan, komunikasi pemasaran, dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan di PT Jati Jaya Lestari. Jumlah variabel bebas yang memengaruhi loyalitas adalah 72,7%, variabel luar penelitian memengaruhi 27,3%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...