JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TROTOAR DI JALAN H.O.S. COKROAMINOTO PONTIANAK

Gusfandi, Faishal (Unknown)
Said, Said (Unknown)
Sumiyattinah, Sumiyattinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK  Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Kota Pontianak, mengakibatkan pergerakan transportasi semakin tinggi. Pemerintah kota berkewajiban menyediakan prasarana transportasi, dimana untuk pejalan kaki berupa trotoar. Lokasi studi pada penelitian ini adalah Jalan H.O.S Cokroaminoto, Kota Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan trotoar di jalan H.O.S. Cokroaminoto Kota Pontianak. Pengambilan data penelitian ini menggunakan CCTV serta pengamatan langsung untuk mendapatkan data pejalan kaki dan bentuk-bentuk pelanggaran di trotoar. Lokasi studi dibagi sebanyak 2 zona dengan zona A (pada bagian awal jalan) sepanjang 185 meter dan zona B (bagian akhir jalan) sepanjang 182 meter dengan lebar trotoar di kedua zona sebesar 1,6 meter. Hasil pada penelitian ini diperoleh pada zona A didapat arus pejalan kaki 0,32 orang/meter/menit dan ruang maksimum 117,62 m2/ orang, sehingga termasuk kategori tingkat pelayanan "LOS A". Pada zona B didapat arus pejalan kaki 1,63 org/m/menit dan ruang maksimum 35,02 m2/ orang, sehingga termasuk kategori tingkat pelayanan "LOS A". Pada trotoar terdapat   pelanggaran yang terjadi diantaranya: PKL, parkir kendaraan, standing banner. Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa   tingkat pelayanan di trotoar memenuhi standar dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014 tentang pedoman perencanaan, penyediaan, dan perkotaan. Tingkat pelayanan ini tidak mengalami penurunan akibat pelanggaran yang ada.  Kata Kunci: Efektivitas, Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan,Trotoar  ABSTRACT  Rapid economic growth in  Pontianak City has resulted in higher transportation activities. The city government is obliged to provide transportation infrastructure, for motor vehicles or pedestrians. The study location in this research was Jalan H.O.S Cokroaminoto, Pontianak City. This research aims to determine the effectiveness of using sidewalks on H.O.S. Cokroaminoto, Pontianak City. Data collection for this study used CCTV and direct observation to obtain pedestrian data and forms of violations on the sidewalk. The study location is divided into two zones with zone A (at the beginning of the road) 185 meters long and zone B (at the end of the road) 182 meters long with a sidewalk width in both zones of 1.6 meters. The results of this research were obtained in zone A, with a pedestrian flow of 0.32 ped/meter/minute and a maximum space of 117.62 m2/ped, so it is included in the "LOS A" service level category. In zone B, the pedestrian flow is 1.63 ped/m/minute and the maximum space is 35.02 m2/ped, so it is included in the "LOS A" service level category. On the sidewalk, some violations occur including street vendors, vehicle parking, and standing banner. From this research, it was concluded that the level of service on sidewalks meets the standards of the Minister of Public Works Regulation Number: 03/PRT/M/2014 concerning planning, provision, and urban guidelines. This level of service has not decreased due to existing violations.  Keyword: Effectiveness, Pedestrians, Level of Service, Sidewalks

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMHMS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung ...