Penelitian ini bermula dari pengalaman mengajar yang dilakukan oleh peneliti dalam pembelajaran Bahasa inggris bahwa keterampilan berbicara Bahasa Inggris masih dianggap sulit bagi sebagian besar mahasiswa Stipar. Hal ini dikarenakan minimnya kosa kata dan ungkapan bahasa inggris yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu, ada yang beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit karena cara tulis lain dan cara baca lain. Mahasiswa juga kesulitan menemukan kosa kata dan ungkapan yang sesuai dan tepat dalam Bahasa inggris untuk mengungkapkan ide dan pikirannya serta kurang semangat dalam pembelajaran Bahasa inggris. Kesulitan ini yang berdampak pada kurangnya kemampuan berbicara Bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode bermain question and answer untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris pada mata kuliah Bahasa inggris. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Stipar Ende semester 2 kelas A yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di kampus Stipar Ende bulan Februari-Mei 2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dilakukan dengan 2 siklusmenunjukan bahwa penerapan metode bermain question and answer dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris pada mata kuliah Bahasa inggris Hal ini terlihat dari hasil pada pra siklus sebesar 40% dengan nilai rata-rata 69,47, hasil pada siklus 1 sebesar 83,3% dengan nilai rata-rata sebesar 78,13, dan hasil post test pada siklus 2 sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 85,10. Selain itu, mahasiswa juga sangat berperan aktif dalam proses pembelajaran Bahasa inggris yang terlihat dari semangat mahasiswa dalam bertanya dan menjawab.
Copyrights © 2024