Elementary School Teacher
Vol. 6 No. 2 (2023): Elementary School Teacher Journal

Pengaruh media Bigbook Writing terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa sekolah dasar

Tebai, Veronika (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan uji efektivitas Media Bigbook Writing Berbasis Kesenian untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian R&D model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Sampangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media BigBook Writing berbasis kesenian sesuai analisis kebutuhan siswa dan guru Kelas III SD; 2) Hasil uji kelayakan Media BigBook Writing Berbasis Kesenian dinyatakan sangat layak digunakan; 3) Media BigBook Writing Berbasis Kesenian cukup efektif dalam ketrampilan menulis peserta didik kelas 3 SD dengan hasil Uji N-Gain Score 0,30 ≤ N-Gain (0.5137 & 0.5545) ≤ 0,70 kriteria “sedang” dan hasil Uji parsial sampel t-Test dengan nilai Signifikansi 0.000 < 0.05. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

est

Publisher

Subject

Education

Description

Focus this journal is for development and research about : 1. Educational Technology; 2. Character Education; 3. Conservation Education; 4. Education Curriculum; 5. Media on Learning; 6. Literacy Education; 7. Child Development; 8. Education Research and Development; 9. Art Education; 10. Teacher ...