Business and Accounting Education Journal
Vol. 5 No. 1 (2024): Business and Accounting Education Journal

Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Teaching Factory, Penguasaan Softskill terhadap Kesiapan kerja Siswa SMK

Dewi Sinta (Universitas Negeri Surabaya)
Raya Sulistyowati (Universitas Negeri Surabaya)
Wesi Lestari (Universitas Negeri Surabaya)
Rahayu Setya Ningsih (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merujuk pada penelitian sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik yag menunjukan angka pengangguran yang tinggi lulusan SMK, observasi dari sekolah juga menunjukan bahwa siswa yang telah lulus memiliki kesiapan kerja yang menurun dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel teaching factory dan penguasaan soft skill terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini menggunakan data siswa kelas XI Jurusan Bisnis Digital di SMK Negeri 1 Surabaya yang telah melaksanakan kurikulum Merdeka. Metode analisis data menggunakan analisis berganda dengan Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa teaching factory memiliki pengaruh yang positif dna signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Selain itu varibel penguasaan soft skill juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu ...