JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022

IDENTIFIKASI OBJEK DAYA TARIK WISATA TAMAN SENENTANG AGROWISATA JAYA KECAMATAN SINTANG KABUPATEN SINTANG

Yosi Rima Riana (Unknown)
Erni Yuniarti (Unknown)
Meta Indah Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

TamannSenentang Agrowisata Jaya merupakannsalah satu wisataaberbasis pertanian di KabupateniSintang dan memilikiiobjek wisata yang beragam. Objek wisata yang terdapat pada taman agrowisata ini yaitu pemandangannyanggindah, terdapat kegiatan pertanian, tempat rekreasi keluarga, kawasan kolam renang, spot foto, tempat menginap/homestay, serta pondok kecil dan besar yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Permasalahan pada kawasan ini yaitu proses pengembangan belum terjadi secara optimal sehingga baik atraksi, aksesisbiltas, dan juga amenitas pada taman belum mampu menarik wisatawan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi objek daya tarik wisata menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dapat menjadi dasar dalam kegiatan perencanaan dan pengembangan taman. Teknik pengambilan dataayang digunakanndalam penelitiannini adalahhwawancara, observasi,ddan studilliteratur dengan variabel yanggdigunakan mencakup apsek 3A (atraksi,aaksesibiltas, danaamenitas). Hasilppenelitian menunjukkanbbahwa Taman Senentang Agrowisata Jaya memilikiipotensiwwisatayyang dapat dikembangkan karena berada pada kawasan perbukitan dengan atraksi wisata yang menjadi keunikan tersendiri bagi kawasan taman. Dalam perencanaannya, diperlukan optimalisasi pengembangan dengan memanfaatkan potensi yang ada karena lokasi taman yang juga cukup strategis dan tidak jauh dari Ibukota Kabupaten.Kata Kunci: agrowisata; taman senentang agrowisata jaya: objek daya tarik wisata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMHMS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung ...