Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti

KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM TEORI DAN PRAKTIK

Hamam Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2013

Abstract

Peningkatan pembelajaran di sekolah banyak ditentukan oleh kreatifitas pendidik, karena pendidik merupakan ujung tombak dalam upaya mencetak  sumber daya manusia berkualitas dan berdedikasi tinggi, oleh sebab itu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang perlu diterapkan adalah pembelajaran kontekstual. Penerapan pembelajaran kontekstual disebabkan ole h: (1) sebagian  besar waktu  belajar  sehari-hari di sekolah masih didominasi kegiatan penyampaian pengetahuan oleh guru, sementara siswa ”dipaksa” memperhatikan dan menerimanya, (2) materi   pembelajaran  bersifat abstrak-teoritis-akademis, tidak terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi siswa sehari-hari di lingkungan keluarga, masyarakat, alam sekitar dan dunia kerja.(3)  penilaian hanya dilakukan dengan tes yang menekankan pengetahuan, tidak menilai kualitas dan kemampuan belajar siswa yang autentik pada situasi yang autentik. (4) sumber belajar masih terfokus pada guru dan buku, lingkungan sekitar belum dimanfaatkan secara optimal

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

tribakti

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman aims to promote scientific publication on Islam and Muslim culture in its broadest sense covering textual, historical and empirical aspects, both classical/medieval, modern and contemporary periods in the Islamic World and beyond. Tribakti: Jurnal Pemikiran ...