Unnes Civic Education Journal
Vol. 9 No. 2 (2024)

Penanaman Karakter Disiplin melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) di SMA Negeri 3 Purwakarta

Farah Fatiya Khoirunnisaa (Unknown)
Eta Yuni Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penanaman nilai karakter disiplin sangat penting diberikan pada diri siswa agar membentuk perilaku positif sehingga siswa mempunyai pemahaman yang baik tentang pentingnya kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan dan norma yang berlaku. Penanaman karakter disiplin dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra beserta hambatan dalam penanaman karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Purwakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya penanaman karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 3 Purwakarta dapat dilakukan dengan cara-cara mendidik yang diberikan oleh pelatih maupun pembina Paskibra, antara lain dapat dilakukan melalui, pengajaran, memberikan contoh/keteladanan, pembiasaan, hukuman, laku, serta pengalaman lahir dan batin. 2) Hambatan yang terjadi dalam penanaman karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yaitu rasa malas dan lelah dalam diri anggota Paskibra, beberapa anggota Paskibra mengikuti ekstrakurikuler, organisasi, atau kegiatan lain di sekolah, serta sebagian orang tua sulit memberikan izin anggota mengikuti kegiatan Paskibra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ucej

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Unnes Civic Education Journal {UCEJ} is a peer-reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The UCEJ is an academic journal centered in citizenship studies i.e. civic education {curriculum, teaching, instructional media, and evaluation}, ...