Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata
Vol 1 No 1 (2022): ACITYA: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usah

STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM

Nugraha, Riki (Unknown)
Hidayat, Anhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan digitalisasi serta prioritas strategi yang dapat digunakan oleh UMKM yang berada di Kecamatan Purbaratu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 UMKM dengan berbagai karakteristik. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan membuat kriteria dan didapat 8 UMKM. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil analisis data Disperindag dan obeservasi pada 8 UMKM, teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perhitungan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) sebesar 3,35 dan External Factor Analysis Summary (EFAS) sebesar 3,53 yang berarti posisi UMKM Tikar Mendong Purbaratu berada pada kuadran I. Pada posisi ini, UMKM Tikar Mendong Purbaratu dapat mengembangkan digitalisasi dengan prioritas strategi adalah meningkatkan pangsa pasar ke luar negeri, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan proses digital marketing dan pelestarian warisan budaya tikar mendong melalui Festival Desa Wisata Purbaratu Kota Tasikmalaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

acitya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

ACITYA adalah jurnal penelitian untuk mempublikasikan hasil penelitian terapan dengan fokus dan scope berikut, 1. Bisnis 2. Bisnis Digital 3. Manajemen 4. Akuntansi 5. Ekonomi 6. Ekonomi Syariah 7. Pariwisata 8. Bisnis Pariwisata Bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian terutama di bidang ...