Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan digitalisasi serta prioritas strategi yang dapat digunakan oleh UMKM yang berada di Kecamatan Purbaratu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 UMKM dengan berbagai karakteristik. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan membuat kriteria dan didapat 8 UMKM. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil analisis data Disperindag dan obeservasi pada 8 UMKM, teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perhitungan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) sebesar 3,35 dan External Factor Analysis Summary (EFAS) sebesar 3,53 yang berarti posisi UMKM Tikar Mendong Purbaratu berada pada kuadran I. Pada posisi ini, UMKM Tikar Mendong Purbaratu dapat mengembangkan digitalisasi dengan prioritas strategi adalah meningkatkan pangsa pasar ke luar negeri, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan proses digital marketing dan pelestarian warisan budaya tikar mendong melalui Festival Desa Wisata Purbaratu Kota Tasikmalaya.
Copyrights © 2022