Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 6 (2023)

Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Guru Taman Kanak-kanak

Suwondo, Wiwik Lestari (Unknown)
Sugiyo, Sugiyo (Unknown)
Sutarto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah, karena guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan. Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran meliputi kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Namun, tidak semua guru memiliki kinerja yang optimal karena berbagai kendala. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui motivasi guru Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional. Sampel penelitian ini melibatkan guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji analisis jalur (pathway analysis). Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh motivasi guru terhadap pengaruh supervisi akademik pada kinerja guru. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru tidak dimediasi oleh motivasi guru. Kegiatan supervisi akademik perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...