bit-Tech
Vol. 7 No. 1 (2024): bit-Tech

Perancangan UI/UX Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mata Pelajaran Peminatan Siswa Baru dengan Metode Design Thinking

Hurin In Liaf Detina (Universitas Trunojoyo Madura)
Prita Dellia (Universitas Trunojoyo Madura)
Renny Puji Astutik (Universitas Trunojoyo Madura)
Alfed Mubarok (Universitas Trunojoyo Madura)
Adam Darmasaputra (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berupaya menjawab tantangan dalam pemilihan mata pelajaran peminatan bagi siswa baru SMA Negeri 3 Bangkalan. Menggunakan metode Design Thinking, penelitian ini berfokus pada pengembangan desain UI/UX untuk Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam memfasilitasi proses konseling. Desain Thinking menekankan pentingnya empati terhadap pengguna. Untuk itu, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru BK dan siswa baru. Informasi yang didapat kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil analisis, peneliti selanjutnya memasuki tahap ideasi. Pada tahap ini dirancanglah user flow, sitemap, dan wireframe yang menjadi kerangka dasar untuk desain UI/UX. Untuk memastikan efektivitas dan kemudahan penggunaan, peneliti kemudian membuat prototipe SPK. Prototipe ini selanjutnya diuji melalui usability testing yang melibatkan tiga guru BK. Hasil tes menunjukkan respon yang sangat positif. Semua responden menyatakan "setuju" dan "sangat setuju" terhadap sepuluh aspek yang diuji dalam usability testing. Feedback yang diterima dari guru BK kemudian digunakan untuk menyempurnakan desain sebelum SPK diimplementasikan secara penuh. Diharapkan, desain UI/UX SPK yang dihasilkan dari penelitian ini dapat meningkatkan efektivitas dan kenyamanan penggunaan SPK. Pada akhirnya, SPK ini diharapkan dapat membantu siswa baru SMA Negeri 3 Bangkalan dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai pemilihan mata pelajaran peminatan. Dengan pemilihan yang tepat, siswa dapat menjalani pendidikan menengah atas dengan lebih optimal dan sesuai dengan rencana masa depan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bt

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The bit-Tech journal was developed with the aim of accommodating the scientific work of Lecturers and Students, both the results of scientific papers and research in the form of literature study results. It is hoped that this journal will increase the knowledge and exchange of scientific ...