eCo-Buss
Vol. 7 No. 1 (2024): eCo-Buss

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Struktur Aset Terhadap Nilai Perusahaan

Ibril Umar Batistuta (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
Aris Munandar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
Aliah Pratiwi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Riset ini dimaksudkan guna menilai dan mengurai adanya keterkaitan secara parsial dan simultan pada nilai perusahaan pada subsektor properti dan real estate dari profitabilitas (ROA), leverage (DER), likuiditas (CR), ukuran perusahaan (FIRM SIZE), dan struktur aktiva (FAR). Penelitian asosiatif adalah jenis penelitian ini. Sebanyak 3 perusahaan dipilih sebagai sampel yaitu PT. Indonesia Prima Properti Tbk, PT. Agung Podomoro Land Tbk, dan PT. Metropolitan Land Tbk dari tahun 2017-2022. Teknik analisis data dengan analisis asumsi klasik termasuk uji normalitas, uji multikolinearitas, uji hetorekedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji determinasi dan uji hipotesis terdiri dari uji t dan uji f. Uji multikolinearitas menemukan bahwa variabel ROA, DER, CR, FIRM SIZE, dan FAR tidak terdapat multikolinearitas, hal ini sesuai dengan uji heteroskedastisitas dan autokorelasi. Nilai uji normalitas sebesar 0,200 > 0,05 menunjukkan bahwa statistik berdistribusi normal. Menyatakan tidak terdapat gejala autokorelasi atau heterokedastisitas, sehingga dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yaitu: (1) Profitabilitas berdampak positif pada nilai perusahaan, (2) Leverage berdampak signifikan pada nilai perusahaan, (3) Likuiditas (CR) berdampak signifikan pada nilai perusahaan, (4) Ukuran Perusahaan (FIRM SIZE) berdampak signifikan pada nilai perusahaan, (5) Struktur Aset (FAR) berdampak signifikan pada nilai perusahaan, ROA, DER, CR, FIRM SIZE, dan FAR berdampak simultan pada nilai perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...