Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora
Vol 1 No 1 (2024): Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo Kanigoro Blitar

Zunita Afifatur Rohmah (Unknown)
Anwar Hakim Darajat (Unknown)
Endah Siswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, mulai tanggal 01 Maret hingga 01 Mei 2023. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik Pengamatan secara langsung dan dokumentasi pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo menjual bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan melengkapi segala jenis macam produk yang dijual, Harga yang ditawarkan bersahabat atau lebih murah harganya daripada pesaingnya dengan kualitas barang yang sama, memiliki toko bangunan di tempat yang strategis sehingga membuat masyarakat lebih mudah menemukan Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, serta membuka peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, Sistem promosi yaitu dari mulut kemulut dengan orang-orang terdekat, seperti saudara, teman, dan keluarga dan dengan cara menempelkan tulisan pada barang baik dalam bentuk diskon ataupun pengurangan harga apa bila membeli banyak; 2) Analisis SWOT yang meliputi strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Telah diaplikasikan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan penjualan barang. Berdasarkan dari analisis internal dan eksternal yang dilakukan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo maka dapat diperoleh bahwa Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo saat ini berada pada strategi Growth (perkembangan). Dimana keputusan yang akan diambil yaitu mengembangkan perusahaannya dengan cara meningkatkatkan kualitas dan kelengkapan produk dan memperbanyak segala bentuk promosi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

transgenera

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Birokrasi dan administrasi publik Desentralisasi dan otonomi daerah Kebijakan publik Manajemen publik Tata kelola pemerintahan Kepemimpinan Politik, demokrasi, dan kewarganegaraan Studi ekonomi dan manajemen Tata kelola bisnis Kewiraswastaan Gender dan seksualitas Gender dan masyarakat Keluarga, ...