Administrasi kearsipan adalah salah satu aspek penting dalam pengelolaan institusi pendidikan, termasuk di Taman Kanak-Kanak (TK). Di tingkat TK, dokumen dan arsip yang dihasilkan meliputi berbagai jenis, mulai dari data murid, laporan perkembangan, catatan administrasi, hingga komunikasi dengan orang tua dan pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem yang efisien, aman, dan sesuai dengan regulasi, sehingga dapat mendukung operasional kelompok bermain dan proses pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini berlokasi di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Hikmah 2 Kanigoro, yang berada di Jalan Mawar RT 03 / RW 05 No. 33 Satreyan, Kanigoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran dan penjelasan yang jelas mengenai keadaan atau gejala yang diteliti. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah Tata kelola administrasi kearsipan di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Hikmah 2 Kanigoro sudah tergolong baik, dilihat dari indikator-indikator keteraturan dan keberesan penyimpanan arsip, kecepatan dan ketepatan arsip, penemuan kembali arsip dan kondisi fisik serta keamanan arsip, sistem pemeliharaan dan pelestarian arsip, tingkat penggunaan arsip, efektifitas sistem pemindahan arsip, kepatuhan terhadap kebijakan dan peraturan kearsipan, ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi, serta tingkat kepuasan penggunaaan arsip. Dengan kondisi ini dapat menunjang perkembangan Kelompok Bermain ke arah yang lebih baik.
Copyrights © 2024