Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media flash card di kelas. Metode pengabdian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 5 di salah satu sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket untuk mengukur kemajuan siswa dalam kemampuan membaca dan menulis. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca dan menulis siswa setelah penerapan media flash card. Hal ini terlihat dari peningkatan skor tes yang signifikan dari awal hingga akhir siklus pengabdian. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media flash card secara umum positif, yang menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap Bahasa Indonesia.Kesimpulannya, penggunaan media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024