Kondisi tujuan mutu pendidikan di Provinsi Jambi masih memiliki banyak kelemahan yang harus diperbaiki dan memiliki tingkat partisipasi pendidikan yang berbeda-beda pada setiap wilayah. Tujuan penelitian ini adalah mengelompokkan wilayah di Provinsi Jambi untuk mendapatkan kesamaan karakteristik antar kelompok berdasarkan indikator pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yaitu tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Metode pengelompokan yang diterapkan adalah metode Based-Clustering dengan kriteria multivariat Integrated Completed Likelihood (ICL). Data indikator pendidikan dari 11 wilayah di Provinsi Jambi yang dianalisis adalah Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Melek Huruf (AMH), dan Rata-rata Lama Belajar (RLB). Data diperoleh dari halaman publikasi resmi BPS Provinsi Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan 11 wilayah untuk tingkat pendidikan dasar hanya ditujukan menjadi satu kelompok. Setiap wilayah di Provinsi Jambi memiliki kualitas pendidikan yang tidak jauh berbeda. Pengelompokan wilayah untuk tingkat pendidikan menengah dan pendidikan tinggi menghasilkan dua kelompok. Kedua kelompok yang dihasilkan memiliki kualitas pendidikan yang berbeda. Kedua kelompok tersebut memberikan perbedaan yang signifikan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan Manova. Kelompok wilayah yang memiliki nilai rata-rata dari indikator pendidikan lebih tinggi memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok wilayah yang memiliki nilai rata-rata dari indikator pendidikan yang lebih rendah.
Copyrights © 2024