HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2023): histogram

EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA KESENIAN BARONG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Zanuba Riana Fitri (Universitas Muhammdiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Siswa telah terpengaruh oleh pandangan tentang mata pelajaran matematika yang dianggap sulit untuk dipahami. Hal tersebut mempengaruhi motivasi dan membuat peserta didik lebih rentan terhadap sikap malas atau rasa putus asa ketika belajar matematika. langkah yang dapat diambil oleh pendidik untuk membuat proses pembelajaran lebih inovatif salah satunya dengan mengintegrasikan LKPD berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas LKPD berbasis etnomatematika kesenian barong terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Siswa kelas VIIIA dan VIIB MTs Al-Huda Kunduran, menjadi sampel pada penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes serta angket. Adapun analisis data dijalankan dengan uji-t yaitu indepndent sample t-test. Hasil penelitian ialah pengimplementasian LKPD berbasis etnomatematika kesenian barong lebih efektif dalam menunjang motivasi belajar peserta didik daripada LKPD konvensional. Tidak hanya motivasi belajar, namun hasil belajar peserta didik juga turut meningkat secara signifikan seusai pengimplemntasian LKPD berbasis etnomatematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...