HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika

HUBUNGAN METODE TUTOR SEBAYA DAN PENIDIKAN KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 KOTA PANGKAJENE

Rahmat Kamaruddin (STKIP Andi Matappa, Pangkep, Indonesia)
Hastuty Musa (Unknown)
Ahmad Budi Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis kuantitafif dengan metode survey dan teknik korelasional. Metode yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antar variabel yang diteliti dan hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi. Koefisien korelasi merupakan suatu alat statistik yang digunakan untuk membantu peneliti dalam memahami tingkat hubungan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara metode tutor sebaya dan pendidikan karakter secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode tutor sebaya dan pendidikan karakter secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Kota Pangkajene. Pendidikan karakter dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembentukan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Pendidikan Karakter, Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...