Al-Ittishol : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol. 5 No. 1 (2024): Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Representasi Kecantikan Perempuan Indonesia pada Iklan Media Sosial

Nadira Salsa Bella (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Valentina Meida Ardita Maharani (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Ali Nurdin (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Perempuan yang ditampilkan pada iklan di Media sosial dapat memengaruhi masyarakat dalam menentukan standar ataupun persepsi tentang kecantikan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan representasi kecantikan perempuan Indonesia pada iklan media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganilisis adegan atau dialog pada berbagai video iklan produk kecantikan di media sosial Instagram. Hasil dari penelitian menunjukkan masih ada iklan kecantikan di media sosial yang tidak sesuai dengan level realitas yang menunjukkan penampilan pemeran iklan, dan level representasi yang menampilkan penataan angle dan audio , dan level ideologi supremasi yang menekankan bahwa kulit putih dan glowing menjadi standar kecantikan perempuan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ittishol

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focus and Scope Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan jurnal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAI Sunan Kalijogo Malang. Al-Ittishol mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan analisis reflektif dari para ...