Latar belakang: Pengetahuan ibu hamil perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan intervensi gizi pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan yang merupakan masa kritis dalam daur kehidupan manusia. Tujuan: Penelitian bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya peran gizi dalam proses tumbuh kembang anak pada periode 1000 HPK melalui promosi gizi. Metode: Desain Penelitian pre-eksperimental menggunakan penyuluhan secara daring dengan melihat peningkatan pengetahuan ibu melalui pre-test dan post-test. Sampel penelitian sebanyak 10 orang. Hasil: Peningkatan pengetahuan ibu hamil secara bermakna sebesar 49,28 poin, dengan rerata nilai ibu pada saat pre-test adalah 37,86 dan rerata nilai post-test adalah 87,14 poin. Kesimpulan: Promosi gizi 1000 HPK melalui aplikasi WhatsApp meningkatkan pengetahun ibu hamil secara bermakna dan menjadi alternatif penyuluhan pada masa pandemi COVID-19.
Copyrights © 2024