Latar belakang: Manajer perawat di rumah sakit mengalami banyak jenis konflik yang berdampak terhadap standar pelayanan dirumah sakit. Oleh sebab itu diperlukan manajemen konflik dan resolusi konflik yang tepat untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Tujuan: Penelitiaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi manajemen konflik yang digunakan perawat manager di rumah sakit. Metode: Penelitian ini merupakan systematic riview menggunakan preffered reporting item for systemtic riviews and meta-analysis (PRISMA) dengan platform Zotero perangkat lunak dalam tinjauan sistematis. Penelitian ini menggunakan strategi PICO dalam menelusuri artikel pada data base elektronik PubMed, Science Direct dan Wiley Online Library menggunakan kata kunci (Conflict Management Strategy) OR (Conflict Handling) AND (Nurse Manager) AND (Hospital). Hasil: Berdasarkan hasil seleksi artikel didapatkan empat artikel yang dilakukan critically reviewed. Hasil eksplorasi didapatkan hasil tema analisis yaitu penerapan strategi manajemen konflik perawat manager di rumah sakit. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa strategi manajemen konflik yang dilakukan oleh perawat manajer di rumah sakit terdiri dari 5 dimensi yaitu competing, collaborating, avoiding, compromising dan accommodating. Namun strategi manajemen konflik Compromising dan Accomodating menjadi pilihan yang baik dalam menyelesaikan masalah yang ada di rumah sakit. Diharapkan rumah sakit dapat mendukung dalam membangun landasan untuk mempertahankan lingkungan kerja yang berkembang berdasarkan praktik berbasis bukti dalam memanajeemen konflik yang ada.
Copyrights © 2024