Pena Jangkar
Vol 3 No 2 (2024)

SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PSIKOMOTORIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH (CLDW) MATERI PEMANASAN GLOBAL

Inayatul Wahdaniyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Nurul Hidyati Utami (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)
Kamsariaty (Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin)
Hidayati Desy (Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin)
Irnita Rosaria Santi (Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat menjadikan pembelajaran di kelas efektif, efisien dan membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dan (2) mendeskripsikan implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap sikap tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang peserta didik yang dibagi ke dalam 2 kelas yaitu X E sebagai kelas kontrol dan X F sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dalam kategori tinggi dan (2) implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap sikap tanggung jawab peserta didik kategori tinggi.

Copyrights © 2024