Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): April

IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Basuki Basuki (SD Bantul Timur)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) implementasi program akselerasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, dan (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program akselerasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui implementasi program yang meliputi: supervisi akademik kepala sekolah, upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru akselerasi, rekrutmen siswa akselerasi, kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program akselerasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui sarana prasarana dan pemanfaatannya untuk implementasi program akselerasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui dokumen yang diperlukan dalam implementasi program akselerasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) implementasi program akselerasi meliputi: (a) rekrutmen siswa akselerasi melalui dua tahapan yaitu informasi dan seleksi. (b) upaya peningkatan kemampuan guru melalui diklat dan pendampingan dari UKP UGM. (c) pemanfaatan sarana dan prasarana didukung oleh sumberdaya manusia sesuai ahlinya supaya efektif dan efisien.(d) upaya kepala sekolah memotivasi guru akselerasi dilakukan setiap ada pertemuan, secara finansial guru akselerasi mendapat intensif, dan pemberian motivasi dari UKP UGM. (2) kendala yang ada dalam implementasi program yaitu adanya sebagian orang tua siswa tidak maksimal dalam pendampingan anaknya dan kebosanan anak dalam belajar karena beban tugas dan ulangan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational ...