Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): Desember 2023

Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar

Ima Ferdilla (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Rezki Suci Qamaria (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Mochammad Nur Yasin (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Siti Mukaromah (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Risalatul Muawanah (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Lyona Ghaisani (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendalami internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN. TPQ Al-IHSAN dipilih sebagai lokasi pengabdian karena peran strategisnya dalam mendidik generasi muda agar memiliki pemahaman yang seimbang tentang ajaran agama dan keberagaman supaya mampu mengimplementasikan nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini menggunakan metode PAR. Dalam pengabdian ini juga melakukan analisis dokumen program bimbingan belajar dan kurikulum TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN aktif mendorong siswa disamping memahami ilmu pengetahuan juga memahami nilai-nilai moderasi beragama melalui berbagai pendekatan, seperti penanaman nilai toleransi contohnya menyertakan pelajaran tentang keragaman budaya dan agama, diskusi kelompok seperti membantu memperdalam pemahaman tentang keyakinan agama lain, pemecahan konflik seperti menghadapi situasi atau tantangan konkret yang berkaitan perbedaan agama, dan penerapan dalam sosial kemasyarakatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arc

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Public Health

Description

Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan ...