Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning bagi siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi''iyah Seblak Jombang. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan jenis true experimental design dan desain yang digunakan adalah posttest only control design, yakni eksperimen yang menempatkan subyek penelitian ke dalam dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi mencakup keseluruhan siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang dengan sampel penelitian kelas VIII D yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan teknik tes dan non tes yang kemudian akan diuji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian uji-T menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa (mean) pada kelas eskperimen adalah sebesar 84,12, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 74, 38. Selain itu, hasil uji-t juga menyatakan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, dan diperoleh nilai t-hitung (2,974) > t-tabel (1,688). Maka dengan ini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
Copyrights © 2024