Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 7, No 2 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

AKSI KOLABORASI KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Rahmatya Nurmeidina, Hatimah, Karlina, (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Berdasarkan hasil pre-test Asesmen Kompetensi Minimum yang diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah. Hal ini teridentifikasi dari tiga kompetensi kemampuan numerasi dengan nilai rata-rata siswa menjawab benar di bawah 60%. Kompetensi tersebut yaitu operasi bilangan, penyajian data dan identifikasi bangun data. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah  dasar melalui aksi kolaborasi pada program kampus mengajar. Kampus mengajar dilaksanakan dari bulan Februari hingga Juni 2024. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 5. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Masalah program diatasi melalui aksi kolaborasi yang mencakup program papan pintar perkalian, asistensi mengajar, pohon numerasi, ular tangga numerasi dan festival numerasi. Setelah pelaksanaan aksi kolaborasi diperoleh peningkatan hasil post-test pada kompetensi ketiga yang teridentifikasi sebagai masalah yaitu siswa mengalami peningkatan sebesar 20% pada kompetensi operasi bilangan, peningkatan sebesar 40% pada kompetensi penyajian data dan peningkatan sebesar 10% pada kompetensi untuk membangun data. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Aksi Kolaborasi Kampus Mengajar berhasil meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...