Pasca pandemi yang membawa perubahan besar-besaran yang secara fundamental yang mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru, salah satunya adalah digitalisasi teknologi. Hal ini menimbulkan banyak tantangan dan juga peluang bagi BUMDes sehingga perlu adanya kajian mengenai penguatan sistem pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi pasca pandemi. Penguatan sistem pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) penting dilakukan oleh setiap desa, mengingat upaya tersebut akan berpengaruh pada ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Pengembangan BUMDes juga akan berpengaruh pada perekonomian nasional. Permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes salah satunya adalah membutuhkan sistem pemasaran yang kuat agar memiliki daya saing tinggi secara domestik ataupun nasional. Selain itu, perubahan baru dalam dunia pemasaran yang kini lebih banyak dilakukan secara online (online marketing) melalui internet, diakibatkan oleh jumlah pemakai internet yang kian meningkat sehingga para pengelola BUMDes harus bisa membaca adanya perubahan kondisi pasar tersebut salah satunya bisa memperkuat kualitas produk BUMDes khususnya di Kota Batu. Penelitian ini diharapkan bisa untuk membantu BUMDes di Kota Batu dalam melakukan proses penguatan sistem pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh sistem pemasaran berkelanjutan terhadap keputusan konsumen atau pengunjung BUMDes di Kota Batu. Luaran dan hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan rekomendasi bagi pengelola BUMDes, pemerintah dan stakeholder lainnya dalam meningkatkan kesiapan dan daya saing BUMDes melalui penguatan sistem pemasaran berkelanjutan pasca pandemi ini.
Copyrights © 2024