Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing atas dalam permainan bola voli melalui variasi pembelajaran pada Siswa Kelas Xi.4 SMA Negeri 5 Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI 4 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa media target ban terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing atas bola voli, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media target ban dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar passing atas bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I diperoleh 20 orang (54,05 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 17 orang (45,95%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,4. (2) dari tes hasil belajar Siklus II diperoleh 30 orang (81,08%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 orang (18,91%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,1. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui media target ban dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada pada Siswa Kelas Xi.4 SMA Negeri 5 Soppeng.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024