Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak coffee shop dibuktikan dengan adanya potensi ekonomi usaha coffee shop yang sangat tinggi. Saat ini, coffee shop lokal sudah mampu disandingkan dengan coffee shop global. Coffee shop lokal di era industri 4.0 berlomba untuk bersaing menghadapi pasar global yang sangat dinamis dengan berbagai cara. Bisnis coffee shop sekarang ini sudah cukup banyak diterapkan konsep industri 4.0 untuk mendukung berbagai fasilitas yang disediakan oleh para pelaku bisnis dalam memuaskan pelanggan. Loyalitas merupakan dimensi yang muncul ketika pelanggan merasa puas terhadap sesuatu. Pentingnya loyalitas pelanggan bagi suatu bisnis sangat diharapkan dapat mempertahankan pelanggannya dalam jangka waktu panjang, agar keberlanjutan suatu bisnis terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas pelanggan di coffee shop lokal independen dan coffee shop lokal waralaba, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan coffee shop lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta pada era industri 4.0. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Ditetapkan Total responden sebesar 173 responden dari 86 coffee shop lokal independen dan 87 coffee shop lokal waralaba. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner online dan dievaluasi menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling atau SEM dan uji beda rerata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan dan loyalitas pelanggan antara coffe shop lokal independen dan waralaba tidak memiliki perbedaan yang signifikan (nilai sig. 2-tailed > 0,05) dan kepuasan memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 7,67%.
Copyrights © 2024