Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media balok, khususnya di kelas A TK aisiyah bustanul atfhal 2 anggana, desa handil terusan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini melibatkan 6 anak di kelas A TK Aisyah Bustanul Atfhal 2 Anggana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap kemampuan anak selama proses bermain balok. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dalam kemampuan kognitif anak padda kegiatan bermain balok pada setiap siklusnya. Anak-anak mampu dengan terampil menyusun balok, membedakan bentuk, mengklasifikasikan ukuran, dan memecahkan masalah dengan lebih baik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya untuk lebih mengintegrasikan kegiatan bermain balok dalam pembelajaran anak usia dini, dengan memastikan bahwa permainan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan menggunakan media balok yang menarik. Dengan demikian, diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak secara menyeluruh melalui penekatan yang menyenangkaan dan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023