Journal of Noncommunicable Diseases (JOND)
Vol 4, No 1 (2024): April 2024

Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan Media Booklet dan Roleplay terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa

Rinjani Putri, Diyanah Syolihan (Unknown)
Nanda, Novia Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2024

Abstract

Hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba, atau henti jantung, sebagian besar disebabkan oleh kerusakan pada sistem kelistrikan jantung. Bantuan Hidup Dasar(BHD) adalah salah satu metode penanganan henti jantung. BHD adalah perawatan cepat yang diberikan kepada korban henti jantung. Pada penelitian ini digunakan media roleplay dan booklet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan kemampuan siswa dipengaruhi oleh instruksi bantuan hidup dasar yang disampaikan melalui booklet dan media roleplay. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain predan post test tanpa kontrol. Mahasiswa semester dua Universitas Kusuma Husada yang belum pernah mengambil mata kuliah BHD berpartisipasi dalam penelitian ini. Purposive sampling digunakan untuk memilih 74 responden dari populasi penelitian yang berjumlah 209 orang. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berkaitan dengan BHD dan kuesioner tingkat pengetahuan digunakan dalam proses pengumpulan data. Metode analisis uji Wilcoxon digunakan dalam penelitian ini. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengevaluasi dampak dari tingkat keterampilan dan pengetahuan. H0 diterima karena analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa p = 0,000 < α = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan kemampuan siswa dipengaruhi oleh instruksi bantuan hidup dasar yang disampaikan melalui booklet dan media roleplay.Sudden loss of heart function, or cardiac arrest, is mostly caused by damage to the heart's electrical system. Basic Life Support (BLS) is one method of treating cardiac arrest. BLS is the prompt treatment provided to victims of cardiac arrest. In this study, roleplay and booklet media were employed. The purpose of this study is to ascertain how students' knowledge and abilities are affected by basic life support instruction delivered through booklets and role-playing media. This study is a quasi-experiment that uses a control-free pre- and post-ttest design. Students from Kusuma Husada University's second semester who had never taken a BLS course participated in the research. Purposive sampling was used to select 74 respondents from the study's population of 209 individuals. Standard Operational Procedures (SOP) pertaining to BLS and a knowledge level questionnaire were employed in the data collection process. The Wilcoxon test analysis method is applied in this study. The Wilcoxon test is employed to evaluate the impact of skill and knowledge levels. H0 is accepted because bivariate analysis using the Wilcoxon test reveals that p = 0.000 <α = 0.05. The study's findings indicate that students' levels of knowledge and abilities are impacted by basic life support instruction delivered through booklets and role-playing media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOND

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal of Non Communicable Diseases (JOND) merupakan jurnal bidang kesehatan yang mempublikasi karya ilmiah tentang penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) dalam kajian bidang keperawatan, kebidanan, gizi, farmasi, sanitasi lingkungan serta disiplin ilmu kesehatan lainya. Jurnal yang ...