JURNAL RAUDHAH
Vol 12, No 1 (2024): RAUDHAH

Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Daring Pada Anak di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta Kelompok B

Nuraisyah Nuraisyah (Universitas Negeri Makassar)
Sitti Nur Hidayah Ilyas (Universitas Negeri Makassar)
Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Akil Musi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Meluasnya virus covid-19 atau virus jenis varian baru ini sejak tahun 2019 telah mengubah lanskap pendidikan dengan diperkenalkannya sistem pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan seluruh jenjang pendidikan, termasuk tingkat taman kanak-kanak, beralih ke sistem pembelajaran online. Pada konteks tersebut, orang tua menjalankan peran yang sangat penting dalam memberikan dukungan selama belajaran online pada anak. Penelitian ini memiliki tujuan mengeksplorasi bagaimana orang tua berkontribusi dalam memberi motivasi pembelajaran daring di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta. Metode penelitian berubentuk penelitian lapangan kualitatif, fokus pada peserta didik di kelompok B TK tersebut. Proses analisis data terdiri atas tahap reduksi data, analisis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan kesimpulan terdapat peran orang tua yang penting dalam memotivasi anak belajar saat daring. melalui beberapa peran sebagai inspirator, motivator, fasilitator, dan pembimbing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Raudhah Journal is a peer-reviewed journal, published twice a year [January and July] by the Department of Early Childhood Islamic Education (http://piaud.uinsu.ac.id/) at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic University of North Sumatra, Indonesia. Raudhah Journal publishes 10 ...