Media Teknik Sipil
Vol. 20 No. 1 (2022): Februari 2022

Analisis Angkutan Sedimen Pada Sungai Dadap Tangerang Banten

Mhd Fadil Arbi (Mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Sipil / Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan – Universitas Trisakti, Indonesia)
Wahyu Sejati (Dosen Prodi Sarjana Teknik Sipil / Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan – Universitas Trisakti, Indonesia)
Sih Andajani (Dosen Prodi Sarjana Teknik Sipil / Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan – Universitas Trisakti, Indonesia)
Dina Paramitha Anggraeni Hidayat (Dosen Prodi Sarjana Teknik Sipil / Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan – Universitas Trisakti, Indonesia)
Azhar Adi Darmawan (Dosen Prodi Teknik Sipil – Fakultas Teknik – Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Jalan Prancis yang berada di sebelah sungai dadap merupakan daerah yang rawan terkena banjir akibat luapan air dari sungai dadap. Maka dari itu, tujuannya dilakukan penelitian ini untuk mengetahui besarnya angkutan sedimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu mengunakan data primer (kecepatan aliran, kedalaman sungai, lebar penampang sungai, sampel sedimen dasar dan sampel sedimen melayang. Metode yang digunakan untuk sedimen dasar yaitu metode Meyer-Peter-Muller dan untuk sedimen layang mengunakan metode sesaat. Hasil dari perhitungan motode sesaat pada sedimen melayang mengasilkan nilai rata – rata angkutan sedimen pada 9 titik tinjauan yaitu 1.22 ton/hari. Untuk angkutan sedimen dasar yang mengunakan metode Meyer-Peter-Muller nilai rata – rata angkutan sedimen pada 9 titik tinjauan sebesar 0.11 ton/hari dan Hasil nilai rata - rata laju sedimentasi pada 9 titik tinjauan sebesar 0.67 ton/hari

Copyrights © 2022