Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE)
Vol 10, No 1 (2024): IJSE 2024 (ON PROGRESS)

Optimizing Tourism Promotion through Interactive Virtual Tour Design: A Case Study of Batu Love Garden

Meyti Eka Apriyani (Politeknik Negeri Malang)
Erfan Rohadi (Politeknik Negeri malang)
Rosidatul Amala (Unknown)
Irena Putri Savira (Politeknik Negeri malang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting dan memiliki peran strategis dalam pembangunan suatu daerah. Dalam rangka mempromosikan objek wisata dan menarik minat wisatawan, dibutuhkan inovasi dalam penyajian informasi dan pengalaman wisata yang menarik dan informatif salah satu medianya adalah virtual tour. Penelitian ini bertujuan untuk merancang virtual tour pariwisata untukstudi kasus pada objek wisata Batu Love Garden di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tahapan pemahaman objek wisata, pengembangan konsep, perancangan virtual tour, pengujian, dan evaluasi. Pengujian yang dilakukan dalam pengembangan sistem sesuai dengan kebutuhan dari Mitra, Pengujian dilakukan untuk melihat kesesuaian masukan dengan keluaran lewat pengujian fungsional dan juga pengujian dilakukan pengguna sebanyak 30 pengguna untuk mengetahui kesesuaian proses yang ada dalam sistem dengan fakta yang ada di lapangan. Pengujian dilakukan dengan skenario pengguna melakukan operasi pada aplikasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teknologi informasi danpariwisata di Indonesia, serta menjadi referensi bagi pengelola objek wisata lain dalam meningkatkan promosi dan pengalaman wisata bagi wisatawan

Copyrights © 2024