Dalam dunia pesantren, kemampuan membaca kitab kuning sendiri sangatlah berguna untuk memahami kitab kitab para ulama dan memahami Al Quran, Al Hadits. Bisa membaca kitab kuning bukan perkara yang mudah, dibutuhkan strategi strategi pembelajaran yang dapat membuat santri dapat membaca kitab dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV Al Munawwir. Yang unik dari tempat penelitian yaitu Madrasah Diniyah Salafiyyah IV terletak di Pondok Pesantren yang terkenal dengan ilmu Al Qur’an akan tetapi madrasah tersebut masih menggunakan metode system pembelajaran klasikal yang biasa diterapkan pada pondok pondok salaf lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV juga mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca kitab. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru madrasah, dan santri madrasah. Pengummpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan cara ketekunan penelitian, dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai strategi pembelajaran di madrasah dalam meningkatkan kualitas membaca kitab yang pertama, madrasah menggunakan pembelajaran ilmu alat, pembelajaran Bahasa Arab, Sorogan, dan musyawaroh sebagai strategi untuk menunjang santri dalam meningkatkan kualitas membaca kitab. Yang kedua terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kitab. Faktor pendukungnya adalah tenaga pengajar yang menguasai materi, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya yaitu tingkat kesadaran santri yang masih kurang dan juga minimnya waktu pembelajaran. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Madrasah, Kitab Kuning
Copyrights © 2024