Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk menginspirasi penggubahan puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Malang dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 34 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan rincian pelaksanaan setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini disusun dengan melibatkan face validity yaitu expert judgment. Seluruh data yang didapatkan dari penelitian ini (baik data tes berupa angka atau persen) dianalisis dan diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk menginspirasi penggubahan puisi pada peserta didik menunjukkan hasil yang baik. Secara keseluruhan, sebanyak 28 (82,35%) peserta didik telah menunjukkan ketuntasan belajar sedangkan 6 (17,64%) peserta didik lainnya belum menunjukkan ketuntasan belajar. Meski belum seluruh peserta didik menunjukkan adanya ketuntasan belajar, namun hasil penilaian dan pengamatan pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I (65,21% ke 83,44%).
Copyrights © 2024