Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 3 (2023)

(Peran Guru TPA Siti Aisyah dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Terhadap WanitaLanjut Usia Dusun Mangir Sendangsari Pajangan Bantul)

Kamelia, Septiani Khoirunnisa (Universitas Alma Ata)
Hairiyah, Hairiyah (Departement of Education, Faculty of Agama Islam, Alma Ata University,)
Susilowati, Ika Tri (Departement of Education, Faculty of Agama Islam, Alma Ata University,)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman bagi kehidupan umat islam dan setiap umat islam memiliki  tanggung  jawab untuk mempelajari  Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan  pembelajaran  tentunya  tidak lepas  dari peran  seorang  guru. Guru berperan sangat penting yaitu sebagai pelaku utama dalam mencapai tujuan pendidikan. Didalam pendidikan islam guru disebut sebagai ustadz, mu’alim, murabbiy yang artinya adalah orang yang memberikan ilmu pengetahun bertujuan untuk mencerdaskan peserta didik.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   bagaimana   peran   guru   Taman Pendidikan  Al-Qur’an  Siti  Aisyah  dalam  mengatasi  buta  aksara  Al-Qur’an  terhadap wanita  lanjut  usia.  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Taman  Pendidikan  Al-Qur’an  Siti Aisyah  Dusun  Mangir  dengan  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif  deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah pengelola TPA, ustadzah TPA, dan lima jama’ah ibu- ibu TPA. Pengumpulan  data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi  untuk melengkapi  data yang diperoleh  melalui  wawancara  dan observasi.   Teknik   keabsahan   data   peneliti   menggunakan   triangulasi   sumber   dan triangulasi Teknik. Kemudian  untuk analisis data dilakukan  dengan  cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui analisi data maka di dapatkan hasil penelitian mengenai Peran taman pendidikan Al-Qur’an Siti Aisyah dalam mengatasi buta aksara Al-Qur’an terhadap wanita lansia adalah: 1) Guru berperan sebagai pendidik. 2) berperan sebagai pengajar. 3) berperan sebagai pelatih. 4) berperan sebagai inovator. 5) berperan sebagai motivator.6) berperan sebagai fasilitator. 7) berperan sebagai evaluator. Penelitian serupa pernah dilakukan oleh Fikri Azra’I, Khaerul Yahya, Lia, Novi Hapsari, dkk yang membedakan adalah judul penelitian, objek penelitian dan fokus penelitian. Kata Kunci: Peran Guru, Buta Aksara Al-Qur’an, Wanita Lansia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...