Penelitian ini mengkaji struktur internal, ekternal dan unsur kebahasaan dari judul konten video YouTube. Struktur internal bahasa tersebut adalah struktur teks dari judul video dan struktur eksternal kebahasaannya mencakup konteks dari video tersebut. Sementara untuk unsur kebahasaan yang lain adalah gaya bahasa yang digunakan dalam judul video berkonten Islam dalam YouTube. Penelitian ini menjadikan judul video di YouTube dengan konten Islami sebagai fokus penelitian. Data diambil dari dua channel YouTube, yaitu “Cinta Quran TV”dan “Islam Populer” dengan tema Ramadlan. Hasil penelitian ini terdiri dari dua macam. Pertama, ada tiga gaya bahasa yang digunakan oleh narator, ada afirmasi, komparasi dan sindiran. Dari ketiga gaya bahasa tersebut, afirmasi adalah yang paling sering digunakan dalam penelitian ini. Sementara, kontradiksi tidak pernah digunakan. Kedua, tindak tutur yang ditemukan dalam penelitian ini adalah asertif, direktif dan ekspresif. Berdasarkan jenis-jenis itu, asersif adalah yang paling sering digunakan pada judul video Islami di YouTube. Sementara, komisi dan deklaratif tidak pernah digunakan. Gaya bahasa atau tindak tutur yang digunakan pada judul video Islami di YouTube tidak dapat dipisahkan dari konteksnya. Konteks dari judul video menunjukkan bahwa pembicara mengatakan langsung kepada audiens melalui media massa yaitu YouTube. Tujuan dari pembicara adalah audiens percaya dengan ucapannya kemudian melakukan sesuatu berdasarkan apa yang dikatakan pembicara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024