Pelayanan publik merupakan salah satu tanggungjawab dan harus dijalankan oleh institusi pemerintah, baik itu di tingkat pusat, daerah, maupun desa. Salah satu aspek penting dari pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah yaitu pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik yang sudah seharusnya menjadikan pelayanan publik sebagai sebuah prioritas strategis, karena hal ini terkait dengan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tingkat kualitas layanan publik dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Puspanegara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Lenvine mengenai kualitas pelayanan yang terdiri dari tiga variabel yaitu responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Selain itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil daril penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Puspanegara memiliki pelayanan yang sudah maksimal karena pihak kelurahan sudah cepat dan tanggap dalam menangani masyarakatnya. Akan tetapi di satu sisi masih memiliki kekurangan karena kurangnya informasi yang diberikan pihak Kelurahan Puspanegara mengenai bantuan air bersih.
Copyrights © 2024