Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui metode Pembelajaran PAI di SMPIT Cahayati Bukittinggi Sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran PAI di SMPIT Cahaya Hati Bukittinggi dilaksanakan sesuai kurikulum 2013 dan kurikulum JSIT, di mana penguasaan kemampuan akadamik melalui materi-materi PAI pada buku panduan kurikulum 2013 dan buku PAI JSIT dan pembiasaan praktek ibadah, penanaman niiai-nilai keimanan melalui program Bina Pribadi Islami (BPI) berupa mentoring KeIslaman. Ternyata materi PAI disamping menjadi subjek pembelajaran juga telah menjadi keterpaduan yang diberikan oleh semua guru/ustadz dan ustazah mata pelajaran lain dengan mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman dan Aqidah kesemua mata pelajaran. Disamping itu pembelajaran tahfidz qur’an selama 10 jam pembelajaran sepekan menjadi warna kekhasan SMPIT Cahaya Hati yang turut membentuk kepribadian dan karakter Islami peserta didik mereka.
Copyrights © 2023