Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 4 No 1 (2024): JPTI - Januari 2024

Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka Penerbit Erlangga Berdasarkan Kriteria Bell

Bebhe, Maria Magdalena (Unknown)
Qibtiyah, Maryatul (Unknown)
Lestari, Endah Putri (Unknown)
Septiani, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku teks matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum merdeka penerbit Erlangga yang ditinjau dari kesesuaian materi ,kesesuaian metode penyampaian materi, kesesuaian karakter fisik buku, dan kesesuaian petunjuk untuk guru. Objek Penelitian adalah Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI. Metode yang digunakan adalah pustaka deskriptif yang dikumpulkan melalui metode observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kesesuaian materi matematika pada buku teks Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka Penerbit Erlangga Tahun 2022 berdasarkan kriteria Bell Termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90,48%. Kesesuaian metode penyampaian materi sebesar 71,43% (Baik). Karakter fisik buku sebesar 90,91% (Sangat Baik).. Sedangkan kesesuaian petunjuk untuk Guru sebesar 78,95% (Baik). Persentase tertinggi terdapat pada fisik buku matematika yaitu 90,91% dengan kategori sangat baik dan persentase terendah terdapat pada karakter fisik buku dengan persentase sebesar 71,42% dengan kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...