Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku teks matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum merdeka penerbit Erlangga yang ditinjau dari kesesuaian materi ,kesesuaian metode penyampaian materi, kesesuaian karakter fisik buku, dan kesesuaian petunjuk untuk guru. Objek Penelitian adalah Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI. Metode yang digunakan adalah pustaka deskriptif yang dikumpulkan melalui metode observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kesesuaian materi matematika pada buku teks Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka Penerbit Erlangga Tahun 2022 berdasarkan kriteria Bell Termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90,48%. Kesesuaian metode penyampaian materi sebesar 71,43% (Baik). Karakter fisik buku sebesar 90,91% (Sangat Baik).. Sedangkan kesesuaian petunjuk untuk Guru sebesar 78,95% (Baik). Persentase tertinggi terdapat pada fisik buku matematika yaitu 90,91% dengan kategori sangat baik dan persentase terendah terdapat pada karakter fisik buku dengan persentase sebesar 71,42% dengan kategori baik.
Copyrights © 2024