Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2023)

Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong

Martha Vina Klawon (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Supriyati Fatma Rabia (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ribut Purwodjuwono (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan siswa kelas dua SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan menulis permulaan kelas dua SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong cukup baik. Hal ini ditandai dengan kemampuan sebagian besar siswa yang dapat menulis permulaan dengan baik dan benar. Hanya ada empat dari 19 (sembilan belas) siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis permulaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar menulis permulaan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal seperti kurangnya perhatian dan minat belajar serta faktor eksternal seperti lingkungan sosial dan keluarga

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...