Awal tahun 2020, pandemi Covid-19 menyebar ke Indonesia. Pandemi ini membawa perubahan di segala bidang, terutama di bidang pendidikan. Akibatnya, terdapat kekurangan guru dalam mempersiapkan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik juga menurun. Pembelajaran di era digital berarti pengajar kini harus lebih aktif membimbing dan mendampingi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran, serta mendorong peserta didik untuk menggunakan teknologi secara aktif dan bijaksana. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang meliputi wawancara terhadap guru kelas IV SD dan instrumen tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pelangcah dapat membantu peserta didik belajar lebih efektif dan mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam pemahaman materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah. Media ini juga dapat meningkatkan motivasi dan kegembiraan peserta didik dalam belajar sekaligus membantu mereka dalam mengingat materi yang diajarkan.Kata Kunci: media digital, canva, hasil belajar, matematika, sekolah dasar.
Copyrights © 2023