Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2023)

Analisis Pelaksanaan Literasi dan Numerasi Matematika di SD Negeri 060967 Medan Belawan

Permata Sari BrSiregar (Universitas Negeri Medan)
Qonita Mujahidah (Universitas Negeri Medan)
Putri Ramadhani (Universitas Negeri Medan)
Nur Fadillah Hayati (Universitas Negeri Medan)
Zahra Putri Aisyah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Matematika yang dilakukan pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik analisis data memakai triangulasi teknik yang mengkonfirmasi data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menghasilkan temuan diantaranya pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil diterapkan oleh guru Matematika. Guru menggunakan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Hasil pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif baik dari segi pengajar maupun peserta didik. Melalui pembelajaran berdiferensiasi guru merasa senang karena peserta didik lebih antusias dan mengenal, hal ini diwujudkan dalam bentuk produk yang dihasilkan peserta didik dalam pembelajaran sangat kreatif. Namun tantangan yang diterima oleh guru pada tahap diferensiasi proses, guru masih menemukan kebingungan saat membedakan bahan ajar yang harus diberikan pada peserta dididk yang bervariasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...